11 September 2015

Cara sederhana agar hidup bahagia

Tips hidup hemat dan cara menghemat uang paling efektif



Tips hidup hemat dan cara menghemat uang paling efektif. Setiap orang pada dasarnya menginginkan kesuksesan finansial dalam hidupnya, namun hanya sedikit saja yang berhasil meraihnya. Mengapa?. Jawaban atas pertanyaan ini akan diungkap pada artikel tentang "Tips hidup hemat" dan "Tips berhemat" pada kesempatan kali ini.

Sebelum anda memulai hidup hemat, maka anda harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan hidup hemat. Jika anda menilai bahwa hidup hemat = pelit dan sangat bertentangan dengan karakter serta kepribadian anda, maka anda keliru karena sesungguhnya definisi hemat atau pengertian hidup hemat adalah proses efisiensi konsumsi di saat sekarang untuk dapat mengkonsumsi lebih banyak di masa depan. Hal ini sangat bertolak belakang dengan hidup boros yang memiliki pengertian mengkonsumsi lebih banyak di saat sekarang dengan mengambil kemampuan konsumsi dimasa mendatang.

Mengutip dari kata-kata bijak Robert T Kiyosaki yang juga seorang motivator dan pakar finansial terkenal yang pernah menerbitkan banyak buku-buku best seller diantaranya Rich Dad Poor Dad, Rich Dad's CASHFLOW Quadrant. "Setiap kali anda berhutang uang kepada seseorang, maka anda akan menjadi pegawai dari uang mereka" yang bila diartikan bahwa kehidupan finansial yang baik akan lebih mudah diwujudkan jika anda tak berhutang atau menghutangi seseorang. Jika kalimat diatas terdengar klise dan mungkin terlalu universal bagi anda, maka mulai kini anda bisa mempraktekkannya di mulai dari hal-hal yang kecil dan mudah dahulu dalam menghemat uang anda, hal-hal apa sajakah itu?. Berikut adalah Tips hidup hemat dan cara menghemat uang paling efektif:

1. Catat dan bukukan semua uang pemasukan dan pengeluaran anda.
Buat catatan yang sistematis guna memonitoring semua uang masuk dan uang keluar. Minimalkan uang pengeluaran dan maksimalkan sebagian besar uang yang anda sisihkan untuk ditabung. Disiplin, komitmen serta pengorbanan yang besar diperlukan pada tahap ini supaya rencana ini dapat dilakukan dengan sukses. Ingat, perubahan akan selalu terasa tidak enak di masa-masa awal, terutama saat memutuskan untuk merubah pola hidup. Namun seiring waktu, maka anda akan menjadi terbiasa.

2. Simpan kartu ATM dan Kartu Kredit yang anda miliki.
Orang biasanya memiliki kecenderungan untuk bisa merasakan kenikmatan saat dengan mudahnya berhutang atau bisa mengeluarkan uang dengan mudah, dan anda jangan sampai terjebak dalam kenikmatan sesaat tersebut. Semakin anda merasa nyaman dengan pola hidup seperti itu, maka cita-cita untuk bisa hidup bahagia dari segi finansial di masa mendatang akan semakin jauh. Disiplinkan diri anda dan selalu ingat pada tujuan akhir. Nah, untuk menyiasati hal ini, maka anda bisa menyisihkan sebagian pendapatan anda untuk keperluan bulanan dan simpan kartu-kartu tersebut dirumah agar lebih aman.

3. Rubah pola hidup konsumtif, gengsi dan hobi mahal yang memakan biaya.
Jangan pernah merasa malu dan minder saat anda harus memotong sebagian besar budget yang anda miliki untuk ditabung dan merubah gaya hidup anda. Merubah gaya hidup bukan berarti anda harus membuang "gaya" anda, tapi yang anda perlukan hanyalah menyiasatinya. Sebagai contoh sederhana yang bisa anda lakukan misalnya, anda bisa mengganti hobi ke gym anda dengan melakukan jogging setiap pagi di komplek tempat tinggal anda atau jika anda terbiasa berbelanja di mal yang harus mengeluarkan banyak biaya, maka kini anda bisa berbelanja di pasar-pasar murah yang barangnya bisa ditawar. Bahkan jika anda pintar memilih, anda pun bisa mendapatkan barang murah yang berkualitas di tempat tersebut.

4. Buang pengeluaran rutin anda yang kurang diperlukan. 
Buang pengeluaran rutin anda yang kurang diperlukan dan lakukan secara bertahap. Biaya pengeluaran rutin yang kurang memiliki banyak manfaat sebaiknya diminimalisir seminim mungkin atau buang saja jika memang diperlukan. Sebagai contoh misalnya, jika anda berlangganan TV Kabel, maka lebih baik anda stop saja karena hanya akan membebankan biaya pengeluaran anda. Meskipun terkesan murah, akan tetapi bayangkan jika dalam jangka waktu yang lama, tentu akan menghasilkan akumulasi biaya dengan jumlah yang besar bukan?. Anda bisa menggantinya dengan menonton acara TV lokal saja yang murah meriah namun tetap mengasyikan. Jika anda berhasil melakukannya, maka secara bertahap anda pun bisa menerapkan ke hal-hal yang lain, misalnya berhenti berlangganan koran, majalah, kartu kredit, merampingkan anggaran kartu telepon selular dan lain sebagainya yang anda nilai bisa membebankan pengeluaran anda dan alokasikan biaya tersebut ke tabungan.

5. Bawa makanan dari rumah saat bekerja.
Tips bagi anda yang kerja. Jangan malu untuk membawa makanan dari rumah saat bekerja karena hal ini justru mencerminkan kebiasaan hidup yang lebih sehat dibandingkan dengan membeli makanan diluar yang belum tentu terjamin kebersihannya. Selain bisa menghemat, cara ini juga kini telah banyak diaplikasikan oleh mereka yang ingin menimimalisir anggaran budgetnya atau tengah menjalankan diet dengan menu makanan sehat.

6. Temukan hal-hal lain yang memakan biaya kemudian alokasikan ke tabungan anda.
Langkah selanjutnya adalah menemukan hal-hal lain yang kurang diperlukan dan anda anggap kerap memakan biaya kemudian alokasikan ke tabungan anda. Semakin banyak anda menemukannya, maka semakin cerah masa depan finansial anda. Ingat selalu pada pencapaian serta tujuan akhir dan konsistensi dalam proses, itu yang paling penting. Ingat, apa yang anda jalani saat ini adalah manifestasi apa yang anda dapatkan esok hari.

Demikianlah beberapa Tips hidup hemat dan cara menghemat uang paling efektif yang bisa anda lakukan. Jangan lupa untuk tidak hanya menerapkannya pada anda saja, akan tetapi akan lebih baik lagi jika anda juga bisa menerapkannya kepada keluarga anda. Selalu percaya bahwa untuk berkeliling dunia pun harus dimulai dengan satu langkah kecil. Jadi jangan pernah remehkan hal-hal yang kecil karena siapa tau justru karena hal-hal kecil yang anda lakukan bisa membawa anda kepada kesuksesan yang besar.

Selamat menjalani hidup hemat dan semoga berhasil.
luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com