07 August 2007

Daftar Domain .id Gratis

Serius gratis? Yup registrasi domain .id semenjak di ambil alih oleh Kominfo boleh dibilang tidak dipungut biaya apa-apa, alias gratis. Bisa jadi sementara, bisa jadi selamanya. Tapi gak masalah selama masih bisa ya kita manfaatkan. Yang jelas syarat-syarat pendaftaran untuk domain-domain tersebut tetap berlaku, seperti .web.id hanya perlu KTP, .or.id perlu KTP dan akta organisasi, dan seterusnya.Proses pendaftarannya bisa memakan waktu sekitar satu minggu, sebelumnya siapkan saja dulu file image dokumen-dokumen yang diperlukan. Selanjutnya ikuti saja langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka http://register.net.id
  2. Klik daftar dan isi formulirnya dengan baik dan benar.
  3. Tunggu konfirmasi lewat email untuk mengaktifkan login yang didaftarkan tadi.
  4. Setelah diaktifkan selanjutnya login ke sistem area.
  5. Pilih menu domain management dan pilih register domain.
  6. Pilih nama domain yang diinginkan, supaya tidak repot kita pilih .web.id saja jadi hanya perlu scan KTP saja.
  7. Setelah memilih nama domain, lanjutnya pendaftaran dengan mengisi ns server. Kalau gak mau repot daftar aja ns server gratis seperti Afraid.org.
  8. Setelah selesai maka dilanjutkan dengan proses mengupload dokumen.
  9. Pilih menu upload dokumen dan sesuaikan dokumen apa saja untuk domain yang mana.
  10. Setelah selesai proses upload dokumen, selanjutnya tinggal kita tunggu konfirmasi dari admin apakah domain kita di setujui atau tidak. Biasanya gak sampe satu minggu, dua atau tiga hari pasti sudah ada konfirmasi.

Begitu saja, memang tidak terlalu sulit untuk dilakukan jika kita mau mencobanya. Hanya saja mungkin selama ini ada sebagian dari kita yang tidak mengetahui tentang hal ini.

Sebenarnya sudah lama juga pendaftaran domain .id ini tidak berbayar. Cara lain untuk mendapatkannya bisa juga dengan memanfaatkan jasa webhosting, tapi ya paling tidak kita harus membayar untuk jasa mereka. Jadi buat apa berbayar kalau kita bisa melakukannya sendiri.

Sumber: http://cysco.web.id/
luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com