01 August 2007

Bahaya Key Logger


Pernahkah anda mendengar istilah keylogger ? tahukah anda apa itu key logger ?
serta bahayanya dan cara mengatasinya ? jika sudah, JANGAN lanjutkan membaca tulisan ini...!!!

Keylogger adalah program spy.. ia akan mencatat segala aktivitas yang kita lakukan di suatu komputer dan menyimpan semua informasi kedalam log file. Bekerja dengan mendeteksi signal keyboard yang kita tekan. Awal mulanya program ini ditujukan bagi orang tua agar bisa mengontrol aktifitas anak2 mereka di komputer. Namun, oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab, program ini digunakan untuk memata2i dan
mencuri informasi2 yang mungkin penting untuk mereka (password email, nick, channel irc, dll). Saya kira cukup pengantarnya.
Pertanyaan pun muncul.. Bagai mana saya mengetahui di suatu komputer ada key loggernya?(di OS under windows, karena warnet2 sebagian besar menggunakan ms windows untuk client)Jawabannya adalah dengan membuka file2 registrasi.. Sebagai contoh (dan memang mudah dilihat) msconfig.exe (start --> run --> msconfig) maka akan muncul menu "system Configuration Utility" click menu "startup" secara default akan muncul 5-6 item yaitu :

1. scanregistry
2. TaskMonitor
3. System tray
4. Load power profile
5. SchedulingAgen

Jika ada tambahan seperti c-media mixer yach itu hanya tambahan dari souncard.. Namun, jika ada yang terasa mencurigakan maka ada baiknya anda menduga itu adalah item keylogger (contoh: TIKL, rapid blaster, ed blaster).Kalo ada file2 yang mencurigakan, apa yang harus saya lakukan ? jawabannya adalah terserah and :P. Asal jangan diambil memory ama harddisk nya ajah heheheehhee (JK). Saran saya jika ada file-file "HARAM" tersebut maka jika anda gak ngerti mengatasinnya, sebaiknya anda
tinggalkan komputer itu, lapor ama operator and minta di hapus itu file.

Tapi ada baiknya anda melacak file2 tersebut untuk kemudian anda hilangkan. Sebagai contoh "TIKL" secara default tersimpan di system windows maka cari file tersebut dan delete semua nama file tersebut (file log nya pasti sama dengan aplikasinya jika bingung yach ikuti saran pertama :P) dengan demikian akan sedikit mengurangi bahaya "bocornya" informasi penting yang tercuri ama orang laen (coba bayangkan kalo kita sedang cyber S*X trus kecatat khan malu kekekekeke :P)
Pesan saya kepada Operator warnetJaga keamanan client anda (polisi kali.. hehehe) jangan sampai user merasa tidak aman dan akhirnya meninggalkan warnet anda (khan bangkrut) cara yang efektif yang saya tahu sekarang ini adalah dengan menggunakan 2 kombinasi program yaitu "GOBACK" dan "FOLDER GUARD" "keterangan lebih lanjut silakan baca manualnya" USER Jika anda mengakses situs2 penting (klikbca misalnya) sebaiknya jangan diwarnet . Ini untuk meminimalisasi kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Pemasang program "HARAM"Memasang program2 "haram" adalah sangat "memalukan" mending anda ngemis deh ama yang punya sapa tahu dikasih khan untung loe :P...jangan hanya
karena anda men "TO" email, atau nick, atau channel irc lantas anda dengan "bangga" mengatakan "AKU SEORANG HACKER" maka "sambil mengacungkan jari tengah" saya katakan anda LAMERZ... baca dul udech Artikel2 tentang hacker..

akhirnya.. banyak pekerjaan IT khususnya Internet yang bisa kita dalami. Menjadi seorang "penjahat" bukanlah pekerjaan yang "enak" anda bakalan dimusuhi banyak orang (emang enak)
luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com